Strategi dakwah

Posted by ecoz hantu_laut Selasa, 27 Maret 2012 0 komentar
1.       Pengertian Strategi dakwah
Jawab : Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan management untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi untuk mencpai tujuan tersebut, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana tekhnik (cara) operasionalnya.
Dengan demikian strategi dakwah merupakan perpaduan dari perencanaan (planning) dan management dakwah untuk mencapai suatu tujuan. Di dalam mencapai tujuan tersebut strategi dakwah harus dapat menunjukkan bagaimana operasionalnya secara tekhnik (taktik) harus dilakukan, dalam arti kata bahwa
pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu-waktu bergantung pada situasi dan kondisi.
Strategi dakwah
jawab:  strategi dakwah mempunyai pengertian seorang da’i harus lah mempunyai pemikiran yang konseptual dan bertindak secara sistematis

2.       tujuan nya
jawab : supaya pesan dakwah dapat tercapai dengan yang di rencanakan

3.       - Opini public ini dalam versi pendapat indonesia
Jawab:  ini adalah merupakan pendapat secara umum (yaitu masyarakat)
                Opini publik dalam ilmu komunikasi
Jawab:  yaitu merupakan suatu hubungan masyarakat
-          Majoroty opini
Jawab:  opini yang dinyatakan atau sedikit-dikitnya dirasakan oleh lebih dari setengah dari sesuatu kelompok atau sesuatu lingkungan.
-          Minoritas opini
Jawab:  suatu konklusi yang didukung oleh kurang dari separo jumlah anggota kelompok yang berkepentingan.
-          General opini
Jawab:  opini yang berakar kepada tradisi serta adat istiadat, berkembang dari dahulu hingga sekarang dan telah diterima sebgaimana adanya tanpa kesadaran dan kritik dari generasi lama
oleh generasi yang lebih muda.

4.                                 -       Opini  statis
Jawab:  Opini ini dapat dilihat manifestasinya dalam bentuk kebiasaan, adat istiadat, tradisi atau norma-norma. Opini ini bersifat irasional sebagai suatu kesadaran kolektif yang banyak didapati di negara-negara agraris yang bersifat konservatif tradisional.

                -  Opini dinamis
Jawab:  Opini ini sifatnya lebih rasional dan terbentuk karena seni persuasi yang berupa kegiatan publisitas yang sistematis dan kejadian yang terjadi waktu itu.

5.       Pengaruh opini public terhadap komunikasi
Jawab:  dikarenakan opini public itu merupakan hubungan masyarakat  jadi dengan hubungan kita dengan masyarkat maka kita dapat melakukan komunikasi begitu pula sebaliknya dengan berkomunikasi maka timbul opini-opini public dalam suatu masyarakat

6.       Pengertian propaganda
Jawab: suatu penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara seksama untuk mengubah sikap, pandangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima/komunikan sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator
7.       Ciri-ciri propaganda
Jawab:
  1. Komunikator, atau orang yang dilembagakan/lembaga yang menyampaikan pesan dengan isi dan tujuan tertentu.
  2. Komunikan atau penerima pesan yang diharapkan menerima pesan dan kemudian melakukan sesuatu sesuai pola yang ditentukan oleh komunikator.
  3. Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai.
  4. Pesan tertentu yang telah di-encode atau dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya yang efektif.
  5. Sarana atau medium yang tepat dan sesuai atau serasi dengan situasi dari komunikan.
  6. Teknik yang seefektif mungkin, yang dapat memberikan pengaruh yang setepatnya dan mampu mendorong komunikan melakukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan atau pola yang ditentukan oleh komunikator.
  7. Kondisi dan situasi yang memungkinkan dilakukannya kegiatan propaganda yang bersangkutan.

8.       Karakteristik

Terbagi dalam 2 yaitu eksternal dan internal
Bersifat eksternal  ini artinya si pembicra menghadapi sejumalah orang  selaku audiannya, dalah hal ini si audiens nya mempengaruhi si pembicara nya sehingga menimbukan propaganda

Bersifat internal yaitu dalam hal ini kekuatan untuk menghasut  seringkali di hadapkan pada fakta yang di nyatakan positif namun tidak terbukti sehingga propaganda tidak benar2 membentuk dan menciptakan sesuatu dalam diri manusia[

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN PIAN :3
Judul: Strategi dakwah
Ditulis oleh ecoz hantu_laut
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://carimalaran.blogspot.com/2012/03/strategi-dakwah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

credit for cara membuat email - Copyright of Bawel Tabaluga.